March 9, 2021

KEKUATAN GAIB SENJATA TRADISIONAL MASYARAKAT SULAWESI SELATAN


Menurut pandangan orang Bugis, setiap jenis senjata tradisional didalamnya mempunyai kekuatan sakti. Kekuatan sakti ini dapat mempengaruhi kondisi, keadaan dan proses kehidupan pemiliknya. Pandangan masyarakat Bugis mempercayai bahwa jenis senjata tertentu akan mengakibatkan ketenangan, kedamaian, kesejahteraan dan kemakmuran bagi pemiliknya. Merekapun percaya akan adanya jenis senjata tertentu yang menimbulkan kemelaratan, kemiskinan, duka nestapa dan penderitaan bagi siapapun yang memiliki dan menyimpannya, sehingga timbul konsepsi budaya orang Bugis yang menyangkut kepercayaan akan adanya jenis senjata yang dianggap ideal disamping senjata yang membawa naas.

Kategori senjata yang ideal dan naas atau sial itu dapat dikenal melalui tanda-tanda fisik (motive/pamor) yang mencerminkan dalam senjata alameng, keris dan badik. Buku KEKUATAN GAIB SENJATA TRADISIONAL MASYARAKAT SULAWESI SELATAN membahas 24 jenis alameng yang dianggap yang dianggap ideal dan yang tidak ideal di daerah Bugis. 

Sebagaimana halnya alameng, maka keris bagi orang Bugis dipandang sebagai senjata yang dipercayai mempunyai kekuatan sakti yang dapat membawa kemaslahatan disamping bencana. Jenis-jenis tappi' (keris) yang mempunyai sifat baik ada 46 jenis. Sedangkan kawali (badik) yang mempunyai fungsi religius ada 15 jenis.

Buku ini menjelaskan tentang senjata tradisional bagi orang Bugis bukan hanya semata-mata berfungsi sebagai alat perang ataupun alat berburu dan membela diri saja, akan tetapi juga mempunyai fungsi sosial-religius. Fungsi-fungsi senjata dalam konteks sosial religius dalam kehidupan orang Bugis telah terpatri dalam naskah kuno lontarak. Buku ini salah satu layanan koleksi deposit Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan yang berlokasi jalan Sultan Alauddin Km. 7 Tala'salapang-Makassar.


KEKUATAN GAIB SENJATA TRADISIONAL MASYARAKAT 
SULAWESI SELATAN
Penulis: Nonci
Penerbit: CV. Aksara Makassar
Tempat Terbit: Makassar


2 comments:

  1. Bagaimana cara mendapatkan buku ini. Mohon petunjuknya

    ReplyDelete
  2. Makasih atas kunjungan Bapak .... Buku ini dapat diperoleh di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan jl. Sultan Alauddin Km. 7 Tala'salapang-Makassar.

    ReplyDelete